(0331) 337877 cs.agromedis@gmail.com

AGROMEDIS – Pemerintah melakukan upaya menyiapkan para atlet dan tenaga pendukung agar lebih sehat, sehingga bisa mengikuti berbagai kompetisi olahraga dengan lebih tenang dan aman. Karena berbagai event domestik maupun global terus berjalan di masa pandemi, para atlet juga diprioritaskan mendapat vaksin. Hal itu sebagai bentuk bantuan sekaligus komitmen pemerintah agar mereka bisa tetap berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Maruf Amin dalam keterangannya yang dikutip dari laman Kemenkes.

Wapres bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Jumlah atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di wilayah DKI Jakarta adalah 820 orang. Pelaksanaannya di stora Senayan, Jakarta, pada Jumat (26 Februari 2021). Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan, vaksinasi tidak hanya diberikan untuk atlet. Tetapi, turut disuntikkan bagi para pelatih dan tenaga pendukung dari berbagai cabang olahraga yang akan berkompetisi dalam waktu dekat.

Hal ini untuk memastikan mereka semua aman dan sehat. “Yang sekarang divaksin adalah mereka yang akan segera melakukan kegiatan pertandingan baik single event maupun multi event, di dalam negeri maupun diluar negeri,” katanya. Ismanta, Deputi Pembedayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan bahwa persiapan vaksinasi telah dilakukan secara matang, setiap titik vaksinasi sudah disiagakan tim terdiri dari vaksinator maupun tenaga kesehatan. Penyelenggara memastikan seluruh tahapan vaksinasi telah sesuai dengan prosedur dan protokol yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Setiap orang yang hadir di lokasi vaksinasi, harus menyertakan surat keterangan hasil pemeriksaan RDT Antigen, menggunakan masker, serta mencuci tangan pakai sabun di area yang sudah ditetapkan. Upaya ini merupakan bagian dari mencegah terjadinya klaster penularan baru.

Melihat manfaatnya yang besar, diungkapkan oleh Ismanta bahwa para atlet bersemangat mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini. Direncanakan cakupan vaksinasi bagi para atlet akan terus diperluas. Pebulutangkis Indonesia Jonatan Christie, mengaku senang dan antusias menerima vaksin Covid-19 tahap pertama ini. Sebab, dia bersama para atlet lainnya sangat membutuhkan vaksin untuk menciptakan kekebalan tubuh, mengingat banyak agenda pertandingan yang harus mereka jalani dalam waktu dekat ini. “Saya sebagai atlet sangat senang (menerima vaksin), karena kan kita akan selalu bertanding dan di masa sekarang ini kami sangat sulit menjalani setiap pertandingan,” kata Jonathan.

“Vaksinasi ini bisa membuat daya tahan kita lebih baik lagi, terus imun kita lebih baik lagi,” tutur pria yang akrab dipanggil Jojo ini. Setelah divaksin dia tidak merasakan efek samping dari vaksinasi, hanya sedikit pegal namun itu hanya sesaat. Jojo berharap, masyarakat termasuk para altet tidak perlu ragu divaksin, karena vaksin telah terbukti aman bagi tubuh.***